Jumat, 06 Juli 2012

Apa gunanya rumput?


Apa gunanya rumput?

        Apakah ada yang tau, sehebat apa rumput? Siapa yang dapat menjawab? kita lihat ungkapan “tanyalah pada rumput yang bergoyang”. Jika sudah merasa mengetahuinya, cobalah untuk merenungkan kembali fungsi rumput bagi kehidupan.
         Hmmm... Allah menciptakan makhluk didunia ini penuh dengan makna, dan percayalah semua... bahwa segala ciptaanNya pasti ada manfaatnya bagi kehidupan. Salah satunya adalah rumput.
        Tanah di bumi pertiwi ini dipenuhi dengan rumput. Gunung, dataran tinggi, dataran rendah dan di lembah banyak terdapat rumput. Di laut juga ada rumput yaitu rumput laut. kalau di langit ada g ya???hehehe..... Karena saking banyaknya, tidak ada yang peduli manfaat dari rumput. saya dulu juga berpikir demikian....heheheh.
        ok. kita kembali ke rumput, Tanaman ini tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari, seperti di tanah kosong, tegalan, lapangan rumput, pinggir jalan, atau di lahan pertanian, dan tumbuh sebagai gulma yang susah diberantas (terlepas dari cerita rumput yang luar biasa).
         Kita sering memandang sebelah mata tumbuhan rumput. Dicabut bersih karena mengganggu keindahan, mengotori lahan perkebunan, merusak bangunan, dan menghalangi pemandangan (kata mas Asep).
Hanya segelintir orang yang memanfaatkan rumput. Rumput digunakan untuk hiasan, sebagai makanan hewan ternak, n satu lagi sebagai alas olah raga terutama sepak bola yang sudah mendunia di jagad raya ini.
         Namun itu hanya sebagian orang yang peduli dengan rumput, karena memang membutuhkan tumbuhan pendek tersebut. Rumput mungkin dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu.
Tetapi apakah ada yang tau kegunaan rumput. Tanpa adannya rumput, hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) akan sulit mencari makanan.
            Seandainya tumbuhan rumput di suatu daerah tidak tumbuh, maka akan merusak siklus kehidupan di daerah sekitarnya. Karena rumput merupakan produsen dari rantai makanan.
       Rumput tumbuh dipekarangan, kemudian dimakan oleh belalang. Sebagian jenis burung memakan serangga terutama belalang. Tanpa ada rumput, belalang sulit dicari, jika belalang sulit dicari maka burung akan sulit mendapat makan, jika burung tidak mendapat makan maka hewan terbang tersebut akan punah dalam kehidupan.
         Jika anak cucu mempunyai keinginan untuk melihat burung yang terbang bebas, bagaimana kita mengabulkannya? Apakah pergi ke kebun binatang yang mengeluarkan biaya, atau melihat hanya sebatas lewat layar kaca televisi dirumah? Cobalah untuk bertanya kepada rumput yang bergoyang.
           Rumput akan tumbuh di tanah yang subur. Jika kita ingin mencari tanah yang subur, mudah saja dimana ada rumput disitulah tanah subur berada. (26 april 2012)

Asep Berlian
Mahasiswa Sastra Jawa UNNES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar