Rabu, 01 Agustus 2012

Tips Menghadapi Siswa Bandel


1.    Buatlah aturan.
Pertama kali anda masuk kelas buatlah aturan. Ya…kalau mahasiswa ada kontrak perkuliahan gitu. Dalam membuat kontrak ini libatkanlah siswa anda. Coba perdalam apa yang siswa inginkan dalam peraturan tersebut…cieeee.
2.    Jadilah guru yang asik.
Guru asik??? Apaan tuh??? Lucu, menarik, kreatif, deelel deh…. Okeh kembali siswa, Siswa juga manusia. Nah, siswa dalam pembelajaran pasti  mengalami kejenuhan. Bayangkan 6 hari dalam se-Minggu. Hal ini menyebabkan siswa bandel mulai beraksi hehehehe…. Dengan guru yang asik diharapkan siswa belajar dan dapat bersenang-senang.

3.    Beri aktifitas.
Agar para anak bandel tidak mengganggu yang teman yang lain, baiknya kita berikan aktifitas. Misalnya kita meminta untuk menghapus papan tulis, membaca bacaan di depan kelas, mengambil buku dikantor, memberi pertanyaan kepadanya ketika selese menjelaskan materi, atau mencatat teman yang ribut. Dengan memberikan aktifitas tersebut siswa akan merasa diperhatikan dan tidak ada waktu untuk mengganggu teman yang lain. Hehe….bagaimana????
4.     Sedikit obrolan
Memang ini agak sulit….tapi perlu dicoba. Sedikit obrolan disela-sela pembelajaran atau ketika selese pelajaran, sembari kita memahami kenapa anak ini bandel. So…sapa tahu setelah ngobrol jadi tahu kenapa anak tersebut bandel. Nah dengan demikian kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk menangani.
5.    Libatkan orang lain (BK, kepsek, dan orang tua tentunya)
jika memang siswa bandel tersebut tidak bisa dikendalikan libatkanlah guru lain/guru BK. Setelah guru lain/BK belum bisa, libatkanlah orangtua.
Nah….untuk para calon guru….jadilah guru yang tidak hanya bisa mengajar, melainkan bisa mendidik dan menjadi sosok panutan bagi siswa-siswinya.
Terimakasih.  

1 komentar:

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can tell your man... that will trigger intense feelings of love and instinctual attraction for you buried within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, idolize and look after you with his entire heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Instinct

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than before to build your relationship stronger.

    As a matter of fact, fueling this powerful instinct is so binding to achieving the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon notice him expose his mind and heart for you in such a way he's never expressed before and he will recognize you as the only woman in the universe who has ever truly tempted him.

    BalasHapus